Tuesday 7 November 2017

Download Instrumen PKKS - Indikator dan Bukti Fisik





Dalam rangkan meningkatkan kualitas manajemen pendidikan di sekolah/madrasah, pemerintah secara berkesinambungan mendorong unsur-unsur pengelola pendidikan agar memiliki kemampuan yang mumpuni. Pula kualitas manajememen tersebut, dalam hal ini kepala sekolah, mestilah merata dengan ukuran yang terstandarisasi. Karena itulah kita mengenal istilah Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS).


Sebagaimana tertuang dalam Permendiknas No 28 Tahun 2010 penilaian kinerja Kepala Sekolah/Madrasah dilakukan secara berkala setuao tahun dan secara kumulatif 4 tahun. Adapun penilaian kinerja tahunan dilakukan oleh pengawas sekolah/madrasah. Sementara penilaian 4 tahunan dilakukan tim penilai yang terdiri dari pengawas, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah.

Adapun tujuan pelaksanaan PKKS adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya; Memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peminpin sekolah; Menentukan kualitas kerja kepala sekolah sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya.

Ada beberapa ukuran yang mesti diperhatikan dalam proses penilaian kinerja Kepala Sekolah seperti.

A. Kompetensi Kepribadian dan Sosial
B. Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran
C. Kompetensi Pengembangan Sekolah
D. Kompetensi Manajemen Sumberdaya
E. Dimensi Kompetensi Kewirausahaan
F. Dimensi Supervisi Pembelajaran



Agar mempermudah sejawat sekalian, berikut kami lampirkan instrumen penilaian PKKS beserta indikator dan bukti fisik yang diperlukan. Dokumen Instrumen PKKS bisa di Download di sini>>> 






Previous Post
Next Post

0 komentar:

Administrasi Sekolah

Surat Menyurat

Edukasi

Syarat dan Prosedur

Seputar Guru