Sunday 22 October 2017

Contoh Format Supervisi PBM



Berikut Ini Adalah Contoh Instrumen Supervisi PBM yang sejatinya bertujuan untuk membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran......>>>




SUPERVISI AKADEMIK
PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Nama Sekolah                       :
Nama Guru                            :
Mata Pelajaran/Kelas            :
Hari/ Tanggal                         :                                                          

No
Sub Komponen dan Butir Komponen
 (Tatap Muka)
Kondisi
Skor
Ket
Ya
Tdk
4
3
2
1
1
Kegiatan Pendahuluan






4 = Baik   
      Sekali
3 = Baik
2= Cukup
1= Kurang

1.   Menyiapkan peserta didik






2.   Melakukan apersepsi






3.   Menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicapai






4.   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar






5.   Penampilan guru






2
Kegiatan Inti Pembelajaran







6.  Penguasaan materi







7.  Penyajian materi dengan urut/sistematis







8.  Metode/pendekatan pembelajaran bervariasi







9.  Menerapkan standar proses dalam kegiatan inti pembelajaran dengan:
-       Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK)
1)     Eksplorasi
       Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan memanfaatkan lingkungan / kondisi sekolah secara optimal
2)     Elaborasi
       Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, berkelompok, berpasangan dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis melalui membaca, menulis, presentasi dan lainnya
3)     Konfirmasi
       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
-       Pendekatan Scientific
1)     Observasi (observing)
2)     Menanya (quetioning)
3)     Menalar (Associating)
4)     Mencoba (Experimenting)
5)     Membentuk jejaring (Networking)
        /Mengkomunikasikan







10.         Penggunaan media/alat bantu/peraga pembelajaran







11.         Interaksi guru dan siswa, serta siswa dengan siswa







12.         Partisipasi siswa dalam pembelajaran







13.         Teknik bertanya







14.         Penggunaan Bahasa Indonesia/lainnya yang baik dan benar







15.         Penggunaan waktu yang efektif







16.         Siswa menunjukkan antusias dalam belajar







17.         Mengorganisasikan kelas dengan baik






3
Penutup







18.         Membuat rangkuman atau simpulan







19.         Melakukan penilaian proses dan atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan







20.Memberi penugasan terstruktur (PT) dan atau kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)







21.Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya






JUMLAH SKOR








=      ---------------x100% =
                                                                    84

Nilai Akhir:
Sebutan :
Ketercapaian:
86% - 100%   = Baik Sekali
70% - 85%     = Baik
55% - 69%     = Cukup
Dibawah 55%= Kurang      

SARAN:

                                                                                          
          Magelang,      
  Mengetahui Kepala sekolah           Guru Mata Pelajaran,               Pengawas,                                                                                                    


...........................................           .......................................         .................................                                                                                                                                                                                                                                             NIP.                                               NIP.                                         NIP.                                                       
                                    




PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Nama Sekolah                        :
Nama Guru                 :
Mata Pelajaran                       :
Kelas                           :
Hari/Tanggal              :
Topik/Tema                :

N0
Pertanyaan
Catatan Pengamat
1
KD/Indikator apa yang akan Saudara sajikan?



2
Metode apa yang akan Saudara gunakan dalam pembelajaran KD ini? Apa alasan Anda memilih metode tersebut?

3
Alat dan bahan (Sumber Belajar) apakah yang saudara siapkan? Jelaskan alasannya!




4
Ceritakan tahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!




5
Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat?





6
Kompetensi apa yang bisa dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran sesuai dengan harapan saudara?




7
Apa yang perlu mendapat perhatian khusus pada pembelajaran kali ini





                                                                                                              Magelang,                                                                                          
Mengetahui Kepala Sekolah                 Yang disupervisi                     Pengawas



    ............................................            ..................................               ..............................
     NIP.                                                NIP.                                        




LEMBAR PERTANYAAN SETELAH OBSERVASI PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Nama Guru                :
Mata Pelajaran          :
Kelas                           :
Hari/Tanggal              :
Topik/Tema                :
Petunjuk:
1.    Tulislah hasil wawancara pada kolom jawaban sesuai aspek-aspek yang ada.
2.    Tulislah yang sebenarnya dialami dan dirasakan oleh guru.


No
Pertanyaan
Jawaban
1.     
Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini?



2.
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?



3.
Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

4.
Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?




5.
Apa yang menjadi kesulitan siswa?


6.
Apa yang menjadi kesulitan saudara?



7.
Adakah alternatif untuk mengatasi kesulitan saudara?


8.
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan pengamatan saya.





9.

Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?

10
Kesan umum



11
Saran


                                                                                                          

                                                                                                            Magelang,
   Mengetahui Kepala Sekolah                 Yang disupervisi              Pengawas



    ............................................            ..................................             .........................................
     NIP.                                                NIP.                                        NIP.
                                      

                                      
        
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Administrasi Sekolah

Surat Menyurat

Edukasi

Syarat dan Prosedur

Seputar Guru