Berikut Ini Adalah Contoh Instrumen Supervisi PBM yang sejatinya bertujuan untuk membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran......>>>
SUPERVISI AKADEMIK
PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Nama Sekolah :
Nama Guru :
Mata Pelajaran/Kelas :
Hari/
Tanggal :
No
|
Sub Komponen dan
Butir Komponen
(Tatap Muka)
|
Kondisi
|
Skor
|
Ket
|
||||
Ya
|
Tdk
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik
Sekali
3 = Baik
2= Cukup
1= Kurang
|
|
1. Menyiapkan
peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Melakukan
apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Menjelaskan
KD dan tujuan yang ingin dicapai
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan
ajar
|
|
|
|
|
|
|
||
5. Penampilan
guru
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Kegiatan
Inti Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Penguasaan materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Penyajian materi dengan urut/sistematis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Metode/pendekatan pembelajaran bervariasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. Menerapkan standar proses dalam kegiatan inti
pembelajaran dengan:
-
Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK)
1)
Eksplorasi
Melibatkan siswa
dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan memanfaatkan lingkungan / kondisi sekolah secara optimal
2)
Elaborasi
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas, diskusi, berkelompok, berpasangan dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis melalui membaca, menulis, presentasi dan lainnya
3)
Konfirmasi
Memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan siswa.
-
Pendekatan Scientific
1)
Observasi (observing)
2)
Menanya (quetioning)
3)
Menalar (Associating)
4)
Mencoba (Experimenting)
5)
Membentuk jejaring (Networking)
/Mengkomunikasikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
Penggunaan media/alat bantu/peraga pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
Interaksi guru dan siswa, serta siswa dengan siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
Partisipasi siswa dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
Teknik bertanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
Penggunaan Bahasa Indonesia/lainnya yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
Penggunaan waktu yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
Siswa menunjukkan antusias dalam belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
Mengorganisasikan kelas dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
Membuat rangkuman atau
simpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
Melakukan penilaian proses dan atau refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.Memberi
penugasan
terstruktur (PT) dan atau
kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
84
Nilai Akhir:
Sebutan :
|
86% - 100% = Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
Dibawah
55%= Kurang
SARAN:
Magelang,
Mengetahui Kepala sekolah Guru
Mata Pelajaran, Pengawas,
........................................... ....................................... .................................
NIP. NIP. NIP.
PANDUAN
WAWANCARA PRA OBSERVASI
Nama Sekolah :
Nama Guru :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Topik/Tema :
N0
|
Pertanyaan
|
Catatan Pengamat
|
1
|
KD/Indikator
apa yang akan Saudara sajikan?
|
|
2
|
Metode
apa yang akan Saudara gunakan dalam pembelajaran KD ini? Apa alasan Anda
memilih metode tersebut?
|
|
3
|
Alat
dan bahan (Sumber Belajar) apakah yang saudara siapkan? Jelaskan alasannya!
|
|
4
|
Ceritakan
tahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!
|
|
5
|
Persiapan
tertulis apa saja yang Saudara buat?
|
|
6
|
Kompetensi
apa yang bisa dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran sesuai dengan
harapan saudara?
|
|
7
|
Apa
yang perlu mendapat perhatian khusus pada pembelajaran kali ini
|
|
Magelang,
Mengetahui Kepala Sekolah
Yang disupervisi
Pengawas
............................................
.................................. ..............................
NIP.
NIP.
LEMBAR PERTANYAAN SETELAH
OBSERVASI PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Nama Guru :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Topik/Tema :
Petunjuk:
1. Tulislah hasil wawancara pada kolom jawaban sesuai aspek-aspek yang ada.
2.
Tulislah yang sebenarnya dialami dan
dirasakan oleh guru.
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana
pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
|
|
2.
|
Apakah
proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
|
|
3.
|
Dapatkah
saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses
pembelajaran tadi?
|
|
4.
|
Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian
tujuan pembelajaran?
|
|
5.
|
Apa
yang menjadi kesulitan siswa?
|
|
6.
|
Apa yang menjadi kesulitan saudara?
|
|
7.
|
Adakah
alternatif untuk mengatasi kesulitan saudara?
|
|
8.
|
Marilah
bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang
perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan
pengamatan saya.
|
|
9.
|
Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk
pertemuan berikutnya?
|
|
10
|
Kesan
umum
|
|
11
|
Saran
|
|
Magelang,
Mengetahui Kepala Sekolah Yang disupervisi Pengawas
............................................ .................................. .........................................
NIP. NIP.
NIP.
0 komentar: