Uji Kompetensi Guru atau biasa
disingkat UKG adalah proses evaluasi dasar seorang tenaga profesional Guru
terkait penguasaan bidang studi dan pedagogik. UKG dilakukan sebagai langkah
negara dalam melakukan pemetaan kualitas tenaga pengajar profesional. Hal itu
berguna bagi strategi pembangunan pendidikan di masa depan.
Salah satu instrumen untuk
mengukur kompetensi seorang guru adalah dengan menguji pengetahuan dan
penguasaan pedagogik. Berikut ini sejumlah contoh soal terkait Uji Kompetensi
Guru (UKG) Kompetensi Pedagogik. Silahkan saudara coba dan kerjakan sebagai
bahan latihan sebelum mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) sesungguhnya.
1. Upaya membimbing siswa untuk
mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ….
a. memberikan contoh pentingnya bersikap
toleran
b. melatih siswa
membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih
bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan
bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
2. Salah satu upaya guru dalam
melaksankan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui
Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….
a. guru meyakini
ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru
melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. guru
merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d. guru mengevaluasi kembali rancangan
mengatasi kelemahan yang ada
3. Hasil analisis kekuatan dan
kelemahan pembelajaran yang telah dilaksankan dapat digunakan guru untuk :
a.
mempertahankan kebiasaan mengajar karenan sudah lama dan banyak pengalaman
b. mengusulkan
penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
c. merancang ulang rancangan pembelajaran
yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
d. melakukan
latihan tambahan berupa test untuk para siswa
4. Dalam melaksanakan
pembelajaran, guru menggunakan teknologi dan informasi. Kegiatan ini termasuk
kompetensi...
a. Pedagogik
b. Kepribadian.
c. Sosial
d. Profesional
5. Sertifikasi guru bertujuan
untuk memperbaiki kualitas dan kesejahteraan guru, pada kualitas guru dititik
beratkan pada proses pembelajaran, di bawah ini adalah faktor-faktor yang
mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali
a. Kualifikasi
pendidikan S1
b. Tutorial
melalui peer teaching KKG
c. Pembelajaran
dengan pendekatan PAIKEM
d. Sarana dan prasarana yang megah yang membebani
orang tua/ wali murid
6. Kemampuan proses berpikir
untuk mengoperasikan kaidah logika tapi masih terikan dengan objek-objek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
a. 0-2 tahun
b. 2-7 tahun
c. 7-11/12 tahun
d. 11/12-14/15
tahun
7. Kegemaran anak akan
mendongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para
pahlwan dan sebagainya merupakan ciri anak berusia ....
a. 3-5 tahun
b. 6-8 tahun
c. 10-12 tahun
d. 15-16 tahun
8. Salah satu prinsip merancang
program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus
untuk siswa peserta remidial
b. menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
c. menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
d. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
9. Batik Jogjakarta dapat
digunakan sebagai tema pembelajaran lPS. Tema tersebut dapat dikaji dari
faktor, geografi, historis, geografi dan ekonomi. Tema tersebut adalah contoh
pembelajaran terpadu yang mengambil tema berdasarkan
a. Topik
b. Pokok bahasan
c. Potensi utama
d. Sejarah
10. Siswa yang berusaha melatih
kepekaan dirinya terhadap rangsangan berupa tekanan dan tuntutan dari
lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain dalam
lingkungan sosio-kulturalnya dikenal sebagai...
a. Akulturasi
b. Akomodasi
c. Asimilasi
d. Sosialisasi
11. Siswa yang pemarah, penakut,
teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karateristik
dari....
a. Sikap
b. Kepribadian
c. Tempramen
d. Sifat
12. Dalam pendekatan kontektual
tugas guru adalah ...
a. Mengarahkan
b.
Mcngintruksikan
c. Memberi Tugas
d. Mendominasi
13. Prioritlts utama yang harus
dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu adalah...
a. Pemetaan kompetensi dasar
b. Penentuan topik
c. Penjabaran
kompetensi dasar
d. Pengembangan
silabus
14. Pembentukan kelompok belajar
dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat ...
a. Homogen
b. Tetap
c. Hetorogen
d. Tertutup
15. Perhatikan
pernyataan-pernyatan berikut:
1. Mendata siswa yang memiliki
kecerdasan (IQ) tinggi
2. Menganaalisis soal yang paling
banyak salah dan pling banyak benar dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakang
sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sitem PBM secara
menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar
Peryataan di atas yang merupakan
langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
kata kunci: guru, kompetensi guru, uji kompetensi guru (ukg), UKG, soal
ujian guru, uji kompetensi guru, soal pedagogik, pedagogik guru, soal dan
jawaban uji kompetensi guru (ukg), pedagogik, pendidikan pedagogik.
0 komentar: