Saturday 20 June 2020

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) - Tema Pedagogik I



 

Uji Kompetensi Guru atau biasa disingkat UKG adalah proses evaluasi dasar seorang tenaga profesional Guru terkait penguasaan bidang studi dan pedagogik. UKG dilakukan sebagai langkah negara dalam melakukan pemetaan kualitas tenaga pengajar profesional. Hal itu berguna bagi strategi pembangunan pendidikan di masa depan.

Salah satu instrumen untuk mengukur kompetensi seorang guru adalah dengan menguji pengetahuan dan penguasaan pedagogik. Berikut ini sejumlah contoh soal terkait Uji Kompetensi Guru (UKG) Kompetensi Pedagogik. Silahkan saudara coba dan kerjakan sebagai bahan latihan sebelum mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) sesungguhnya.

 

 

1. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ….

a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran

b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat

c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.

2. Salah satu upaya guru dalam melaksankan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….

a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan

b. guru melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru

c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional

d. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada

3. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksankan dapat digunakan guru untuk :

a. mempertahankan kebiasaan mengajar karenan sudah lama dan banyak pengalaman

b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran

c. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan

d. melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa

4. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru menggunakan teknologi dan informasi. Kegiatan ini termasuk kompetensi...

a. Pedagogik

b. Kepribadian.

c. Sosial

d. Profesional

5. Sertifikasi guru bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kesejahteraan guru, pada kualitas guru dititik beratkan pada proses pembelajaran, di bawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali

a. Kualifikasi pendidikan S1

b. Tutorial melalui peer teaching KKG

c. Pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM

d. Sarana dan prasarana yang megah yang membebani orang tua/ wali murid

6. Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah logika tapi masih terikan dengan objek-objek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

a. 0-2 tahun

b. 2-7 tahun

c. 7-11/12 tahun

d. 11/12-14/15 tahun

7. Kegemaran anak akan mendongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para pahlwan dan sebagainya merupakan ciri anak berusia ....

a. 3-5 tahun

b. 6-8 tahun

c. 10-12 tahun

d. 15-16 tahun

8. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….

a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remidial

b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

9. Batik Jogjakarta dapat digunakan sebagai tema pembelajaran lPS. Tema tersebut dapat dikaji dari faktor, geografi, historis, geografi dan ekonomi. Tema tersebut adalah contoh pembelajaran terpadu yang mengambil tema berdasarkan

a. Topik

b. Pokok bahasan

c. Potensi utama

d. Sejarah

10. Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan berupa tekanan dan tuntutan dari lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain dalam lingkungan sosio-kulturalnya dikenal sebagai...

a. Akulturasi

b. Akomodasi

c. Asimilasi

d. Sosialisasi

11. Siswa yang pemarah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karateristik dari....

a. Sikap

b. Kepribadian

c. Tempramen

d. Sifat

12. Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah ...

a. Mengarahkan

b. Mcngintruksikan

c. Memberi Tugas

d. Mendominasi

13. Prioritlts utama yang harus dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu adalah...

a. Pemetaan kompetensi dasar

b. Penentuan topik

c. Penjabaran kompetensi dasar

d. Pengembangan silabus

 

14. Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat ...

a. Homogen

b. Tetap

c. Hetorogen

d. Tertutup

15. Perhatikan pernyataan-pernyatan berikut:

1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi

2. Menganaalisis soal yang paling banyak salah dan pling banyak benar dijawab siswa

3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka

4. Mengevaluasi sitem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar

Peryataan di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah...

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

 

kata kunci: guru, kompetensi guru, uji kompetensi guru (ukg), UKG, soal ujian guru, uji kompetensi guru, soal pedagogik, pedagogik guru, soal dan jawaban uji kompetensi guru (ukg), pedagogik, pendidikan pedagogik.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

Administrasi Sekolah

Surat Menyurat

Edukasi

Syarat dan Prosedur

Seputar Guru