Prosedur dan Syarat
Mutasi Siswa Madrasah/Sekolah, Perhatikan Langkah-Langkahnya
Madrasah Cara Mutasi |
Sebagaimana telah dijelaskan padaartikel sebelumnya bahwa
sangat mungkin terjadi seorang siswa pindah sekolah dari satu tempat ke tempat
lain. Entah karena alasan berpindahnya domisili orangtua, maupun alasan demi
kepentingan sang anak seperti jarak terlalu jauh yang membuatnya kelelahan,
masalah lingkungan atau sebab lain yang rasional.
Namun pertanyaannya jika anak kita bersekolah di Madrasah
bagaimana prosedurnya, mengingat Madrasah berada di bawah otoritas Kementrian
Agama bukan Kementrian Pendidikan seperti sekolah umum. Berikut rangkuman
prosedur umum.
Tata Cara Pindah
Sekolah
1. Mengajukan Surat Permohonan Pindah
ke Sekolah asal (siapkan materai jika diminta) disertai alasan mengapa perlu
pindah.
2. Madrasah yang bersangkutan
menerbitkan Surat Keterangan Pindah Sekolah/Madrasah sesuai surat yang Anda
ajukan.
3. Apabila mutasi pindah terjadi
antar kabupaten/kota, maka Anda membutuhkan Surat Rekomendasi Pindah
Sekolah/Madrasah dari kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota asal.
4. Untuk mendapatkan Surat
Rekomendasi tersebut maka Anda perlu mengajukan permohonan rekomendasi disertai
dengan surat keterangan Pindah Sekolah yang sebelumnya telah Anda miliki yang
diterbitkan sekolah asal anak Anda.
5. Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
tempat Anda kini berada memproses permohonan dan menerbitkan Surat Rekomendasi
Pindah Sekolah/Madrasah.
6. Jika surat rekomendasi telah
terbit maka Anda dapat membawa surat Rekomendasi dan Surat Keterangan Pindah
Sekolah ke Sekolah/Madrasah Tujuan. Sertakan juga Rapot lengkap dan fotocopi
Kartu Keluarga.
7. Sekolah/Madrasah tujuan
menerbitkan Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan.
8. Anda sebagai Orangtua/wali
menyerahkan Surat Keterangan telah menerima Siswa Pindahan (dari madrasah tujuan)
ke Sekolah/Madrasah asal.
Demikian tata cara dan prosedur proses mutasi sekolah untuk
level madrasah. Sebagai catatan, tidak semua wilayah menggunakan prosedur umum
yang serupa. Beberapa memberikan syarat administrasi khusus yang perlu anda
tambahkan. Pastikan bertanya dan mencari informasi dari lembaga resmi agar
terhindar dari pungli.
Jika Anda menemukan ada kejanggalan dan pungli di lingkungan
DKementrian Agama, Anda bisa melaporkan ke bagian Pengaduan Masyarakat
INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA di situs Simwas atau melalui TELEPON/FAX
TELP. (L) 021-7697853
TELP. 021-75916038 PES. 100
FAX. 021-7697853
Jika Anda membutuhkan contoh surat menyurat terkait mutase pindah
sekolah bisa download contoh berikut.
1. Surat
Keterangan Pindah Sekolah/Madrasah Asal
2.
Surat Permohonan Pindah Sekolah/Madrasah dari Orang Tua/Wali Murid
3. Surat
Permohonan Rekomendasi Pindah Sekolah/Madrasah asal ditujukan Dinas/Kemenag
4. Surat
Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan dari Sekolah/Madrasah Tujuan
Kata kunci: mutasi, mutasi sekolah, mutasi siswa sd dan smp,
pindah sekolah, syarat pindahsekolah, biaya mutase dan pindah sekolah,
administrasi sekolah, surat keterangan pindah, biaya mutase, prosedur mutasi
sekolah siswa, mutasi sekolah madrasah, madrasah, pindah sekolah madrasah,
syarat pindah sekolah madrasah, lapor kementrian agama.
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000