Thursday 4 June 2020

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) - Tema Kepribadian dan Sosial



 

Uji Kompetensi Guru atau biasa disingkat UKG merupakan proses evaluasi dasar seorang tenaga profesional Guru terkait penguasaan bidang studi dan pedagogik. UKG dilakukan sebagai langkah pemerintah dalam melakukan pemetaan kualitas tenaga pengajar profesional. Hal itu berguna bagi strategi pembangunan pendidikan di masa depan.

 

Sebagaimana Guru merupakan Tenaga Profesional, maka dalam dirinya sendiri dituntut memiliki 3 kompetensi dasar. Yakni (1) knowlege atau pengetahuan terkait bidang studi yang sedang diampunya. (2) skill atau kemampuan, ini terkait kapasitas manajemen sebagai seorang guru. Baik dalam hal rencana pembelajaran dan aplikasinya di kelas. Terakhir, adalah (3) human relation atau kemampuan memiliki hubungan yang baik dan selaras dengan sesama manusia dan lingkungan.

 

Dalam UKG ada bagian uji yang fokus menganalisa tentang kompetensi kepribadian dan sosial. Nah, uji kompetensi ini dimaksudkan pada poin nomor 3 tadi. Sejauh mana Guru mampu mengendalikan dirinya dan mengelola hubungan baik dengan sesama. Tak hanya itu, UKG Kepribadian dan Sosial juga berupaya memahami pemahaman Guru akan tanah airnya. Sejauh mana kebudayaan Indonesia menempel di sanubari serta pemahaman sejarah dan simbol-simbol negara.

 

Soal-soal terkait UKG Kepribadian dan Sosial akan berkutat di seputar isu tersebut. Sederhananya, soal akan mirip dengan ujian PKN dan Psikologi dikombinasikan. Tentu tidak sesederhana itu, namun saudara bisa mulai mempelajarinya dari petunjuk tersebut.

 

Berikut beberapa contoh soal UKG Kepribadian dan Sosial untuk saudara latihan. Saudara bisa men-download versi lengkap di tautan berikut. Download 1 atau Dowload 2.

 

1. Tugas utama guru dalam membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan kecuali:

 

a. Mengorganisasi bahan belajar

b. Memberikan aadvance kepada siswa yang akan membantu siswa dalam mencapai pembelajaran baru

c. Membantu siswa untukmembantu mengambil ingatan jangka panjang ke ingatan jangka pendek

d. membantu siswa dengan memberi jawaban saat ujian berlangsung

 

2. Nama istilah Pancasila disampaikan oleh:

 

a. Drs moh hatta

b. Doepomo

c. Ir Soekarno

d. Sayuti Melik

 

3. Siapa pengetik naskah proklamasi

 

a. Ir Soekarno

b. Tan Malaka

c. HOS Tjokroaminoto

d. Sayuti Melik

 

4. Seorang guru yang mantap, stabil, dewasa, arif, bijaksana dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik yang berakhlak mulia merupakan bagian

 

a. kompetensi kepribadian

b. kompetensi pedagogik

c. kompetensi sosial

d. kompetensi profesi

 

5. Berikut ini adalah ciri seorang guru yang mampu menguasai landasan-landasan kependidikan kecuali.

 

a. Landasan filosofis

b. Landasan psikologis

c. Landasan sosiologis

d. Landasan ideologi



Demikian beberapa contoh terbatas, Saudara bisa men-download versi lengkap di tautan berikut. Download 1 atau Dowload 2.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Administrasi Sekolah

Surat Menyurat

Edukasi

Syarat dan Prosedur

Seputar Guru