Tanya Jawab Seputar Pendidikan 4.0: Definisi dan Makna (Bagian I)
Apa sih yang dimaksud
Pendidikan 4.0?
Pendidika 4.0 adalah serangkaian program untuk mendukung
terwujudnya suatu pendidikan yang cerdas melalui peningkatan dan pemerataan
kualitas pendidikan, perluasan akses dan relevansi memanfaatkan teknologi dalam
mewujudkan pendidikan Kelas Dunia. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan
peserta didik yang memiliki 4 keterampilan abad 21.
Apa yang dimaksud 4
keterampilan abad 21?
Empat keterampilan abad 21 yakni serangkaian kemampuan yang
mengacu pada standar kompetensi global dalam mempersiapkan generasi muda
memasuki realitas kerja global dan kehidupan abad 21.
Baik, terus apa saja 4
keterampilan tersebut?
Kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif.
Apa ciri umum
pendidikan 4.0 yang membuatnya agak berbeda?
Dalam pendidikan 4.0 tahapan belajar disusun sesuai dengan
kemampuan dan
minat serta kebutuhan setiap siswa. Dengan demikian setiap
siswa tidak menjadi sama atau diharapkan menjadi sama. Setiao peserta didik
punya keunikan yang patut dihargai dan dibina.
Lantas apa pola
pengajarannya sama seperti sebelumn-sebelumnya?
Dalam pendidikan 4.0 Guru lebih berposisi sebagai mentor
ketimbang orang yang tahu segalanya. Lantas sang guru dilatih untuk
mengembangkan kurikulum dan memberikan pilihan kepada siswa untuk menentukan
cara belajarnya sendiri.
Apa akibatnya?
Dengan begitu pembelajaran bukan lagi transfer pengetahuan
dari guru yang dianggap serba tahu ke siswa yang kosong pengetahuan. Tapi
pembelajaran menjadi proses untuk tumbuh bersama dengan kemampuan yang unik.
Pendeknya pendidikan jadi tujuan itu sendiri.
Dalam pendidikan 4.0
dikenal pola pembelajaran 5 M, apa saja?
(1) Mengamatai, (2) Memahami, (3) mengaplikasikan, (4)
mendiskusikan (5) manajemen proyek, penelitian dan publikasi
0 komentar: