Panduan Pengisian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pada Aplikasi
Dapodik
Program Kartu
Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak
usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu.
Agar dapat melakukan
tahapan-tahapan pengisian KIP dalam Aplikasi-Dapodik sobat sekalian mesti
terlebih dahulu masuk ke dalam Aplikasi-Dapodik. Selanjutnya ikuti
langkah-langkah berikut……
1. Setelah masuk ke
dalam AplikasiDapodik pilih menu "Peserta Didik" pada baris sebelah
kiri tampilan. (Lihat Gambar)
2. Pilih Data Peserta
Didik Penerima KIP. (Lihat Gambar)
3. Pilih menu
"Ubah" pada bagian atas untuk menampilkan formulir data Peserta
Didik. (Lihat Gambar)
4. Input data peserta
didik penerima KIP
5. Kolom Usulan dari
sekolah (layak PIP) diisi TIDAK. Karena Pemilik KIP tidak dapat diusulkan
kembali sebagai calon penerima KIP. (Lihat Gambar)
6. Pilih YA pada
Penerima KIP. Dengan pilihan ini kolom isian No KIP dan Nama Tertera di KIP
akan aktif. (Lihat Gambar)
7. Isikan No KIP dan
Nama tertera di KIP sesuai dengan yang tertera di KIP. Untuk memudahkan dan
meminimalisir kesalahan Gunakan menu salin jika nama di Dapodik sama persis
dengan nama di KIP. (Lihat Gambar)
Dalam Hal Peserta
Didik menolak bantuan padahal telah menerima kartu perlu dilakukan beberapa
perubahan:
1. Isikan data
sesuai dengan KIP. (Lihat
Gambar)
2. Pilih alasan
peserta didik tidak bersedia menerima KIP pada kolom Alasan Menolak KIP.
Misalkan karena Sudah Mampu. (Lihat
Gambar)
Jika dalam
perjalannya ditemukan adanya perbedaan antara nama perserta didik pada KIP dan
nama peserta didik sesungguhnya perlu dilakukan beberpa langkah berikut:
1. Nama peserta
didik yang sebenarnya yang terinput di aplikasi Dapodik. Misalkan Nova
Angraini.
2. Jika nama yang
terinput di KIP berbeda dengan nama Peserta Didik di Aplikasi Dapodik maka
inputkan manual nama pemegang kartu pada kolom Nama tertera di KIP, contoh Novi
Anggraini. Sehingga terlihat terdapat perbedaan nama.
Jika dalam
perjalanannya Sekolah ingin mengusulkan Peserta Didik yang mestinya layak
mendapat PIP dapat melakukan langkah berikut...
1. Kolom Usulan
dari sekolah (layak PIP) diisi YA. Jika peserta didik layak dan bersedia untuk
diusulkan sebagai calon penerima Program Indonesia Pintar (PIP).
2. Pilih alasan
layak diusulkan di kolom Alasan layak PIP. Misalkan karena Siswa Miskin/Rentan
Miskin.
3. Pilihan
referensi Alasan Layak PIP.
Note:
Jangan lupa klik simpan (Save) pada kotak dialog agar
perubahan dapat tersimpan pada aplikasi.
.Selesai.
0 komentar: